RSS

Perkenalan Software dalam Maritime


Dalam kesempatan kali ini penulis akan memberikan wawasan pengenalan software yang biasanya digunakan dalam maritim baik sektor transport maupun energi. Berikut beberapa software dan kegunaannya.

sof1sof2

Dari daftar software diatas, ada beberapa yang belum disebutkan diantaranya

Ansys – CFX -> merupakan software penganalisa beban lokal pada struktur dengan metode elemen hingga, dengan analisa pada CFX ini, beban lokal yang menyebabkan failure yang terjadi akan terlihat jelas lebih detailnya

Ansys – Fluent -> merupakan software penganalisa beban lokal pada karakteistik fluida yang bergerak pada struktur dengan metode elemen hingga, software ini pun dapat menganalis serta mensimulasikan permasalahan teknik seperti heat transfer, sloshing, welding deformation bahkan kegagalan struktur akibat proses korosi dan masih banyak lagi.

Flow 3D – > sama seperti Ansys Fluent yaitu merupakan software penganalisa beban lokal pada karakteistik fluida yang bergerak pada struktur dengan metode elemen hingga,interface yang dihasilkan dalam simulasi numerik dari Flow 3D juga tidak kalah saing

Ansys – AQWA -> merupakan software penganalisa gerakan dan beban pada pada struktur bangunan apung dengan metode elemen hingga, perangkat ini hampir sama kegunaannya seperti halnya MOSES. Pada ANSYS AQWA akan terlihat beban,tekanan, gaya geser etc yg terjadi pada struktur saat pergerakan struktur berlangsung.

SACS -(Structural Analysis Computer System) adalah salah satu computer software pendukung analisa struktur sipil. SACS dikembangkan untuk digunakan sebagai analysis tools offshore structure. Software ini sangat umum digunakan di engineering companies yang bergerak di design dan analysis offshore structure. 99% bisa diyakinkan bahwa semua structural engineers di companies tersebut pasti akan menggunakan software ini. Bisa dilihat di lowongan2 structural engineer, mostly men-syaratkan para applicants untuk menguasai software ini.

MAESTRO merupakan perangkat yang kegunaannya sama persis dengan ship constructor. dalam analisa kekuatan lokal pada kapal, Maestro juga tidak kalah saing dengan perangkat lainnya

WORKSHOP merupakan perangkat bawaan maxsurf yang kegunaannya sama persis dengan ship constructor dan maestro, namun bagaimana pun ship constructor dinilai masih lebih unggul dalam permodelan struktur kapal secara detail termasuk pembuatan sistem perpipaan didalam kapal

MOSES seperti yang disebutkan sebelumnya, software ini kegunaannya sama seperti seakeeper dan ANSYS AQWA. interface moses pun tidak kalah dibanding lainnya. Dalam proses perancangan struktur lepas pantai terapung, penentuan kemampuan kerja struktur dipengaruhi oleh beban yang bekerja pada struktur tersebut. Selain itu salah satu faktor paling penting adalah dengan mengetahui karaktersitik gerakan struktur terapung tersebut akibat beban lingkungan yang berpengaruh kepadanya.Untuk mengetahui karakteristik gerakan struktur terapung, kita dapat menggunakan bantuan software. Salah satu software yang sering digunakan adalah MOSES yang diproduksi oleh Ultramarine Inc.

CAESAR II perangkat ini merupakan perangkat khusus analist tegangan dan stress pada sistem perpipaan. Biasanya oil company sangat perlu dilakukan analyst pipa dalam transport fluida mengingat fluida yang dipindahkan cukuplah beresiko. CAESAR II adalah program computer untuk perhitungan Pipe Stress Analysis yang mampu mengakomodasi kebutuhan perhitungan Stress Analysis pada pemipaan. Software ini sangat membantu dalam Engineering terutama di dalam desain Mechanical dan system pemipaan. Pengguna Caesar II dapat membuat permodelan system pemipaan dengan menggunakan “simple beam element” kemudian menentukan kondisi pembebanan sesuai dengan kondisi yang dikehendaki. Dengan memberikan/membuat inputan tersebut, Caesar II mampu menghasilkan hasil analisa berupa stress yang terjadi, beban, dan pergeseran terhadap system yang kita analisa.

SOLID WORK merupakan perangkat modeling untuk teknik yang cukup baik disamping CATIA, Penulis menilai software modeling ini lebih unggul dibandingkan AUTOCAD dengan interface 3D nya serta dengan perangkat ini dapat menganalys gerakan, stress pda pembebanan modeling yang terjadi.

Software lainnya yang dikembangkan oleh provider regulasi internasional

SESAM (Super Element Structural Analysis Modules)- > Merupakan software yang dikembangkan oleh DNV (Det Norske Veritas) dalam permasalahan struktur baik dalam bidang energi maupun maritim, penulis sempat dikenalkan beberapa software DNV yang digunakan dalam memvalidasi analis tahap pendesainan salah satunya yaitu SESAM dan Nauticus. Beberapa bagian dan kemampuan dari Sesam yaitu

Sesam GeniE Lite adalah perangkat untuk enginner yang ingin merancang struktur kecil dan teratur dengan cepat dan efisien, dengan tingkat kualitas yang tinggi. Sesam Genie Lite dapat melakukan analisis linier statis dan dinamis untuk struktur mengalami gelombang, angin, arus dan tata letak peralatan. Hal ini juga memungkinkan untuk mencakup dampak dari non-linear tumpukan tanah / perilaku. Kepatuhan Kode balok dapat dilakukan sesuai dengan API / AISC, API / LRFD, NORSOK / Eurocode atau ISO (19902). Hasilnya dapat dilaporkan grafis atau dengan menggunakan layout laporan standar yang dapat disesuaikan (mendukung MS Office). Demikian pula, untuk struktur berlapis serta dapat diperiksa terhadap kode seperti DNV (RP C201.1) dan API (2U).

Sesam HydroD adalah software analis terhadap peraturan perundang-undangan internasional untuk stabilitas serta analisa hydrodynamic dari floating structure yang dapat disimulasikan.

Sesam DeepC adalah perangkat untuk mooring dan riser desain serta operasi laut struktur terapung lepas pantai. Ini akan melakukan analisis mooring terpisah atau ketika termasuk dampak ditambah dari riser dan kapal. Selanjutnya, Sesam software DeepC dapat digunakan untuk desain riser di mana riser dianalisis secara terpisah atau ketika mempertimbangkan efek kopling. Operasi laut dapat disimulasikan time domain untuk studi gerakan dan mempertahankan sistem multibody. Riser, tambatan dan kondisi lingkungan didefinisikan dalam Sesam software DeepC sementara semua data lain secara otomatis diterapkan dari perangkat lunak Genie Sesam dan software Sesam HydroD. Hasilnya mungkin secara statistik pasca-diproses dan mereka bisa diperiksa grafis atau dari animasi. Selanjutnya, hasil dapat dibaca dalam perhitungan kelelahan garis serta kode pemeriksaan (DNV OSF201, ISO 13628-7, Von Miscs Stren)

Sesam Pipeline Software for ultimate strength and fatigue analysis of offshore pipelines

Dari beberapa software di atas, Penulis hanya dapat mengoperasikan beberapa software mengingat waktu yang diperlukan dalam mempelajari saat kuliah tidaklah banyak. Diantaranya Maxsurf, Seakeeper, Hydromax, Workshop, Hullspeed, Solid Work, Caesar II, SAP 2000, SACS, Autocad 2D dan 3D, ANSYS CFX, ANSYS FLUENT, dan ANSYS AQWA. Oleh karenanya secara perlahan penulis akan mencoba membuat tutorial yang sederhana dalam mengoperasikan software diatas khususnya dalam menangani permasalahan teknik perkapalan dan kelautan. Mohon bersabar ya…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: