RSS

Maxsurf


Maxsurf for academic adalah software freeware dalam menganalis pendesainan kapal yang dapat didownload langsung dari maxsurf provider (formsys) dengan batas waktu yang ditentukan.Software ini satu paket dengan hydromax, hull speed, seakeeper, workshop dan span. Pada maxsurf sendiri digunakan untuk membuat lines plan dalam bentuk 3D, yang dapat memperlihatkan potongan station, buttock, shear dan 3D-nya pada pandangan depan, atas, samping dan prespektif. Selain digunakan untuk membuat lines plan kapal juga dapat digunakan untuk membuat bentuk 3D-lain seperti: pesawat, mobil dan produk industri lainya. Dasar pembuatan modelnya adalah Surface yang merupakan bidang permukaan dan dapat dibuat menjadi berbagai bentuk model 3D dengan jalan menambah, mengurangi, dan merubah kedudukan control point. Pembuatan lines plan ini adalah merupakan bagian yang paling penting, karena mengambarkan karekteristik kapal yang akan dibuat, sehingga bagian ini harus dikuasai dengan baik.

Maxsurf Academic merupakan software pemodelan lambung kapal yang berbasis surface. Pemodelan lambung kapal di Maxsurf academic terbagi atas beberapa surface yang digabung (bounding). Surface pada Maxsurf Profesional didenifisikan sebagai kumpulan control point yang membentuk jaring – jaring control point. Dalam memperoleh surface yang diinginkan maka control point digeser – geser sampai mencapai bentuk yang optimum. Pusat proses pemodelan desain rencana garis menggunakan Maxsurf adalah pengertian bagaimana control point digunakan untuk mencapai bentuk surface yang ingin dicapai dan hal tersebut dijelaskan dalam analogi berikut :

Seorang naval architect dulu menggunakan stroclad (flexible batten) untuk menggambar kurva 2D. Titik ujung kedua stroclad dibuat tetap dan beberapa beban ditempatkan pada beberapa titik di sepanjang stroclad. Jika beban – beban tersebut digeser maka stroclad yang semula lurus berubah membentuk kurva 2D. Fleksibilitas (smoothness) kurva tergantung   pada  fleksibilitas  stroclad yang  digunakan  dan penempatan beban yang digunakan. Pada Maxsurf Profesional, kurva dihasilkan dari persamaan  matematis  B-Spline dengan analogi yang sama dengan penjelasan di atas.Gambar spline didenifisikan dengan posisi titik ujungnya, lokasi dan jumlah control point di sepanjang kurva dan fleksibilitas spline. Kurva pada Maxsurf  dibentuk oleh  control point, dapat dipandang sebagai pegas yang dipasang  pada spline. Ketika control point digeser, kombinasi sifat fleksibilitas spline dan pegas menjaga kurva tetap halus (smooth). Hal tersebut berpengaruh bahwa control point tidak terletak pada kurva terbentuk tetapi tertarik menuju posisi control point.

Jaring – jaring (net) control point dibentuk oleh control point baris dan kolom serta mempunyai 4 sisi (net edge) dan 4 sudut. Jumlah control point yang dapat digunakan adalah 25 baris dan 25 kolom control point, tergantung kompleksitas surface yang diinginkan dan  surface dapat  mempunyai flesibilitas yang  berbeda pada arah baris dan kolom. Pengaruh control point pada suatu surface tergantung sudut, sisi dan internal control point, yaitu :

−   Sudut surface (surface corner) didenifisikan tepat pada posisi sudut jaring – jaring (corner control point) yang bersangkutan.

−   Sisi surface (edge surface) didenifisikan hanya oleh control point pada sisi jaring – jaring (net edge).

−   Titik  pada bagian  dalam  surface (internal point) dipengaruhi oleh beberapa atau semua control  point pada jaring – jaring (net).

(Adin sugiarto, 2010)

Untuk penjelasan singkatnya silahkan unduh pengunaan maxsurf dibawah ini, sedangkan untuk proses pendesainan kapal (dalam kasus nanti merupakan drilling ship/kapal drill minyak dan gas) dari awal desain hingga pendesainan kontruksi secara keseluruhannya akan di bahas menyusul.

Download dasar penggunaan maxsurf

 

 

3 responses to “Maxsurf

  1. tarashika

    23 Oktober 2015 at 12:50 am

    saya menyukai ini,tambahkan tutorial menggunakan maxsurf kapal kayu…terima kasih

     
    • Awan-P47

      27 Oktober 2015 at 2:06 am

      Konsepnya sama saja kok

       
  2. imam m

    23 Mei 2016 at 6:17 am

    mas, punya maxsurf 13 atau yg support di windows 7 64 bit?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: