RSS

Menembus Kerja Praktek Di Perusahaan Migas

31 Agu

oleh: J. Anton Witono (Chairman Komunitas Migas Indonesia Cabang Kaltim)

Saya beberapa kali membantu adik-adik untuk mendapatkan kesempatan untuk kerja praktek di tempat saya bekerja (sebuah perusahaan MIGAS Perancis berlokasi di Kalimantan Timur). Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Latar belakang saya adalah Teknik Kimia dan saya bukan orang HR.

A. MEMILIH TOPIK & DURASI KP
1. Buka jendela wawasan dan informasi.

2. Cari topik yang sesuai dengan peminatan atau latar belakang jurusan kuliah anda.

3. Browsing internet, ikuti hot topic di media massa/ TV, konsultasi dengan senior yang sudah pernah KP sebelumnya dan tanyakan kontak mentornya, diskusi dengan dosen, hubungi alumni yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.
TIPS : cari informasi tanpa kacamata kuda. Seorang mahasiswa Teknik Kimia tidak berarti KP-nya melulu harus di departemen Process Engineering.
4. Tetap fleksibel. Jangan kaku dan menutup diri apabila pihak Perusahaan menawarkan topik lainnya, misalnya karena alasan ketersediaan subyek dan/ atau mentor di perusahaan tersebut. Pengetahuan itu tidak ada batasnya.

5. Hubungi alumni yang bekerja di perusahaan ybs (bila ada). Sampaikan anda berminat KP di perusahaan tersebut, tanyakan apakah ada subyek dan mentor untuk KP anda. Siapa tahu alumni yang anda hubungi bersedia jadi mentor, maka urusan anda akan lebih mudah. Atau setidaknya beliau akan “bergerilya” mencarikan informasi diantara rekan-rekan kerjanya. Kalau pun tidak, minimal tanyakan ke departemen mana anda mungkin bisa KP. Tanyakan nama departemennya, karena informasi ini akan membantu untuk proposal anda.

6. Bila beruntung, anda mungkin sudah bisa berkorespondensi terlebih dahulu dengan calon mentor. Sehingga nama beliau bisa anda cantumkan di proposal KP.

7. Dari pengalaman dan pengamatan saya, durasi KP ideal adalah minimal 2 bulan, karena anda punya cukup waktu untuk mengenal “process flow” di perusahaan tersebut dan punya cukup waktu untuk mengerjakan topik khusus KP anda. Kalau subyek anda selesai lebih awal, anda punya waktu untuk belajar hal lainnya. Kendati demikian, banyak juga perusahaan yang menerapkan kebijakan maksimal 1 bulan KP karena alasan lain misalnya: kesibukan mentor, process  flow-nya tidak terlalu kompleks, dll.

B. MENYIAPKAN ADMINISTRASI
1. Siapkan proposal KP. Untuk KP di perusahaan MIGAS, sebaiknya membuat proposal KP dalam bahasa inggris.TIPS: Pakai proposal KP senior anda sebagai referensi, tapi “copas (copy paste)”-lah secara cerdas. Tambahkan/ kurangi informasi sesuai keperluan KP anda.

2. Minimum informasi yang harus ada di proposal KP:
– Periode KP;
– Topik & obyektif apa yang ingin anda pelajari;
– Nama departemen dimana anda ingin KP;
– Nama calon mentor (bila ada dan sudah dikonfirmasi dengan ybs).
– Cantumkan juga bahwa anda terbuka terhadap topik/ subyek lain yang akan diberikan oleh Perusahaan.TIPS: semakin presisi informasi di proposal KP anda akan membantu orang HR dalam memproses proposal KP anda.

3. Siapkan dokumen lainnya:
– Curriculum Vitae (CV); untuk penjelasan CV bisa di klik disini
– Surat Pengantar dari Kampus;
– Copy Transkrip nilai hingga yang terbaru.
Dokumen-dokumen diatas sebaiknya juga disiapkan dalam bahasa inggris. Mungkin saja Perusahaan tertentu mensyaratkan dokumen lainnya selain dokumen diatas. Hal ini bisa dicari tahu dari alumni yang bekerja disitu atau senior yang pernah KP sebelumnya.

4. Cari informasi kemana anda harus mengirimkan proposal dan dokumen KP anda, tanyakan siapa contact person-nya.HINT: Human Resources Department tidak hanya terdiri dari 1 bagian dan hanya mengurusi soal KP. Dengan informasi yang tepat, anda tidak akan kehilangan waktu karena salah alamat pengiriman dokumen KP.
5. Kirim dokumen anda ke departemen yang mengurusi tentang Kerja Praktek. Bila anda sudah punya kontak dengan calon mentor/ alumni anda, bisa juga dikirimkan soft file-nya ke ybs, siapa tahu beliau berkenan membantu menindaklanjuti dari dalam.

6. Menindaklanjuti pengajuan KP anda ke contact person yang menangani soal KP.TIPS: menindaklanjuti tidak sama dengan “meneror” orang ybs atau pun calon mentor/ alumni anda. Berikan waktu juga untuk prosesnya.

7. Keputusan akhir untuk diterima/ tidaknya untuk KP biasanya ditentukan oleh departemen yang menangani KP. Mereka mungkin punya faktor-faktor lain yang jadi pertimbangan untuk menerima anda (misal: kuota/ alokasi, budget , dll). Calon mentor atau alumni anda bukan pihak yang bisa member keputusan akhir (kecuali beliau memang punya otoritas untuk itu).

8. Proposal KP setidaknya sudah diajukan ke perusahaan sekitar 6 bulan sebelum masa KP yang diinginkan. Kalau sebelum 6 bulan, bisa jadi kebutuhan untuk mahasiswa KP belum terlihat atau HR masih mengurusi mahasiswa KP periode sebelumnya. Kalau terlalu mepet, bisa jadi anda keduluan mahasiswa yang lain.

C. SAAT PROSES KERJA PRAKTEK
1. KP sebaiknya dianggap sebagai simulasi kerja sebenarnya dan tidak hanya sekedar memenuhi persyaratan mata kuliah dan mendapatkan nilai. TIPS: set mind anda tentang KP akan tercermin dalam attitude anda selama KP.

2. Ikuti semua peraturan di perusahaan tersebut dengan baik (misal: datang tepat waktu, menjaga kerahasiaan data perusahaan, dll.)

3. Topik/ subyek KP anda bisa berkontribusi terhadap Perusahaan, karena terkadang diambil dari permasalahan atau optimisasi yang ingin dilakukan Perusahaan ybs.

4. Belajarlah sebanyak mungkin selama anda KP karena itu kesempatan anda untuk mengetahui industri yang mungkin anda akan masuki setelah lulus kuliah nanti.TIPS: relakan weekend anda selama KP jika itu harus/ bisa ditukar dengan pergi ke site (lokasi produksi) atau masuk kantor untuk mengerjakan tugas (misal: mencari literatur atau mengerjakan simulasi).

5. Proaktif dan jangan menunggu instruksi, banyak bertanya, banyak bergaul, miliki tata krama yang baik.

6. Bangun networking sebanyak mungkin.

7. Berikan potensi dan kemampuan terbaik dari anda, sehingga anda bisa meninggalkan kredibilitas dan nama baik (termasuk nama baik kampus anda) saat usai masa KP.
HINT: kredibilitas dan nama baik akan membantu anda bila mungkin ingin melamar ke perusahaan tersebut dan tetap membuka kesempatan bagi adik-adik kelas anda untuk bisa KP di tahun-tahun berikutnya.

D. SETELAH KERJA PRAKTEK
1. Buat laporan KP yang baik dan tinggalkan arsip untuk Perusahaan dan kampus anda.2. Cantumkan informasi umum tentang KP anda, misalnya: contact person alumni atau departemen yang menangani KP di perusahaan tersebut.

3. Bila mentor anda tidak keberatan, anda bisa mencantumkan juga kontak beliau.

4. Tetap menjaga silaturahmi dengan mentor dan orang-orang lain yang anda kenal selama KP.HINT: dunia MIGAS itu kecil, jadi nama baik dan integritas anda akan selalu menyertai masa depan anda.

5. Adakan forum knowledge sharing di kampus (minimal dengan teman 1 angkatan). Saling bertukar wawasan dan pengetahuan yang didapat selama KP, sehingga anda juga bisa belajar dari teman yang lain. Sekali lagi, pengetahuan itu tidak ada batasnya.

E. TIPS MEMILIH TEMPAT KP

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Ada puluhan perusahaan MIGAS di Indonesia.

2. Jangan melihat atau membanding-bandingkan fasilitas yang diberikan oleh Perusahaan selama anda KP sebagai pertimbangan utama. Jadikanlah motivasi untuk menggali pengetahuan dan belajar hal baru sebagai yang utama. Kalau pun ada pengeluaran yang harus anda tanggung sendiri, anggap saja itu investasi buat masa depan anda. Lagi pula hari gini no free meals…

3. Jangan takut keluar dari “tempurung” anda. Kalau anda harus KP di Sumatera, Kalimantan bahkan Papua (misal di LNG Tangguh), so be it. Percayalah itu akan menjadi pengalaman hidup yang membedakan anda dari yang lain. Industri MIGAS tidak hanya sepetak Pulau Jawa, justru saat ini dan dimasa mendatang Industri MIGAS Indonesia berada di wilayah-wilayah diluar Pulau Jawa terutama wilayah Timur Indonesia.

Iklan
 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 31 Agustus 2013 in Oil and Gas

 

13 responses to “Menembus Kerja Praktek Di Perusahaan Migas

  1. widya dwifirman

    2 November 2013 at 9:50 am

    biasanya untuk industri migas dalam penyeleksian mahasiswa kp, apakah ipk juga di pertimbangkan?

     
    • Awan-P47

      6 November 2013 at 9:24 pm

      Kalau itu tergantung perusahaannya, ada yang mensyaratkan IPK 2,8 ada yang 3,0 ada juga yang minimal 3,3. Tapi menurut pengalaman besarnya IPK tidak mempengaruhi persaingan kp di dunia migas. karena minimal IPK hanya sebagai tiket masuk saja. bisa jadi IPK 3,1 bisa dberi kesempatan KP dbanding yang IPK 3,2. Karena pada hakikatnya KP didunia migas itu tergantung dari kesediaan SDM yang akan memberikan training/kp tersebut. Ya kembali ke poin A. no 5 coba baca lagi di atas ya

       
  2. widya dwifirman

    2 November 2013 at 9:51 am

    apakah ipk mnjadi salah satu pertimbangan dlm pnyeleksian penerimaan mahasiswa kp d perusahaan besar migas?

     
  3. iis muliyana

    19 Desember 2013 at 3:29 am

    maaf kak mau tanya kalau divisi di migai itu jarang sekali di flor di dunia maya sebenarnya divisi di migai itu apa aja si kak?

     
    • Awan-P47

      26 Desember 2013 at 11:10 am

      coba buka webnya chevron.com
      disana ada bnyk divisi migas dan jobnya apa saja

       
  4. mirnawati dewi

    23 Januari 2014 at 1:19 pm

    divisi itu sama dengan types of job atau beda ya paK?

     
    • Awan-P47

      19 Juni 2014 at 11:34 pm

      type job itu ya disesuaikan dengan divisi masing-masing. kalau ingin tau bagaimna detail jobny, silahkan cari lowongan yang berhubungan dengan divisi tsb. biasanya dilowongn djelaskan job descriptionnya

       
  5. arfriansya deyan

    8 Maret 2014 at 2:10 am

    Pak mau tanya ni, klau mau Tugas Akhir di Vico Indonesia , kontak HRD sama seperti KP atau bagaiman?

     
    • Awan-P47

      19 Juni 2014 at 11:35 pm

      biasanya sama, hr akan minta proposalnya sebelum mengajukan dan laporan dari tugas akhir jika telah dilakukan

       
  6. winda

    30 April 2014 at 6:18 am

    Pak mau tanya, kalau mau magang di perusahaan minyak tapi saya dari jurusan teknik elektro apa bisa ya? saya ingin mencoba magang di Total E&P Indonesie. selain itu saya belum pernah magang di manapun sehingga masih merasa belum cukup dari segi pengalaman dan kemampuan.
    terima kasih sebelumnya

     
  7. Awan-P47

    19 Juni 2014 at 11:40 pm

    Bisa saja asal kriteria yang diminta memenuhi (seperti IPK dll) dan ada pembimbing/supervisor yang bersedia membimbing anda di perusahaan tersebut. Biasany sih tergantung supervisornya, kalau setelah membaca proposal KP anda, lalu dirasa baik dan menguntungkan khususny untuk perusahaan maka akan dilaksanakan,kmungkinan besar magang akan diterima. Tp biasany perusahaan sudah memiliki CSR, dimana untuk magang tanpa harus melirik apakah itu mnguntungkan untuk perusahaan atau tidak. jika kegiatan magang anda bisa menguntungkan,maka akan lebih baik karna persaingan magang/KP itu ketat. Soalny kalau sudah dterima biasany akan diberikan uang saku.

     
    • lily

      1 September 2014 at 4:56 am

      Pak, perkenalkan, sy Ina dr mahasiswa salah satu universitas di malang.. Pak, sy rencana nya mau apply tugas akhrir di Total, kaltim. Tapi, sy sekarang lagi ada problem pak. dikarenakan sy tidak ada orang yang mugkin bisa sy hubungi di sana.
      Jika memungkinkan, boleh tidak pak sy boleh memohon utnuk minta contact person di team total kaltim.

      terimaksih sebelumnya pak
      salam,
      Ina

       
  8. zizah

    8 Agustus 2017 at 7:34 am

    pak saya mau tanya. kalau seandainya ipk saya tidak mencukupi tapi syarat yg lain mencukupi gimana pak ?
    ipk saya 2,7

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: