RSS

Long Range Identification Tracking LRIT

16 Agu

Proposal mengenai identifikasi jarak jauh & pelacakan kapal (Long Range Identification and
Tracking), sebagai sarana untuk meningkatkan keamanan maritim, telah dibahas pada
perkembangan langkah-langkah khusus untuk meningkatkan keamanan laut yang diadopsi
oleh Konferensi Safety of Law at Sea (SOLAS) tahun 2002. Namun, melihat tingginya
tingkat kompleksitas permasalahan tersebut, tidak memungkinkan untuk menyelesaikannya
hingga Desember 2002 sehingga peraturan yang cocok baru diterapkan pada tanggal 1 Juli
2004.
Sebagai hasil dari Konferensi SOLAS 2002, untuk mengatasi permasalahan dan perencanaan
jangka panjang pada bidang tersebut, diadopsi Konferensi resolusi 3 pada Penanganan lebih
Jauh Mengenai Peningkatan Keamanan dan Keselamatan Maritim Oleh IMO dan konferensi
resolusi 10 pada Penerapan Awal LRIT Kapal.
Konferensi resolusi 3 termasuk undangan ke International Maritime Organization (IMO)
untuk melaksanakan, seperti soal urgensi, berdampak penilaian usulan untuk menerapkan
LRIT dan, jika ditemukan diperlukan, mengembangkan dan mengadopsi sesuai standar dan
pedoman untuk Sistem Identifikasi Jarak jauh dan Pelacakan Kapal.
Konferensi resolusi 10 berisi tiga elemen. Pertama SOLAS mendesak Pemerintah untuk
mengambil, soal prioritas tinggi, setiap tindakan yang diperlukan pada tingkat nasional
memberikan efek untuk melaksanakan dan diawali dengan Sistem Identifikasi Jarak jauh dan
Pelacakan Kapal. Kedua isi dari konferensi resolusi 10 mengajak SOLAS untuk mendorong
pemerintah agar memiliki wewenang kapal yang berlayar dengan bendera dari masingmasing
negara untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar mereka bersedia
untuk merespon secara otomatis ke Inmarsat C, atau sistem lain yang tersedia. Dan terakhir,
namun tidak kalah penting, konferensi tersebut meminta SOLAS agar mendorong
pemerintah untuk mempertimbangkan semua aspek yang berhubungan dengan Sistem
Identifikasi Jarak jauh dan Pelacakan Kapal, termasuk potensi penyimpangan sebagai
bantuan ke kapal penargetan dan perlunya kerahasiaan atas informasi yang dikumpulkan.
Komite Keamanan Maritim atau Maritime Security Committee (MSC) pada sesi 76. Pada
bulan Desember 2002 sebagaimana dimaksud pada pertimbangan hal tersebut kepada Sub-
Komite Keselamatan dari Navigasi (NAV) dan hingga Sub-Komite Radiocommunications,
Search dan Rescue (COMSAR).
Berdasarkanpada diskusi yang berlangsung selama musyawarah dari langkah-langkah khusus
untuk meningkatkan keamanan maritim, NAV mempertimbangkan permalasahan tersebut
selama sesi pada bulan Juli 2003 dan hasil tugasnya, dalam hal ini, disahkan oleh COMSAR
pada bulan Februari 2004.
Page 2
Sesi pada bulan Mei-Juni 2004 menghasilkan kesepakatan mengenai prinsip dengan konsep
persyaratan LRIT untuk dikembangkan oleh COMSAR pada Februari 2004 berdasarkan
pekerjaan yang dilakukan oleh NAV.
Pada sesi 80, pada bulan Mei 2005, Kelompok Kerja pada Keamanan Maritim mengadakan
diskusi secara ekstensif dengan membicarakan usulan rancangan amandemen SOLAS untuk
mencantumkan peraturan baru pada Sistem Identifikasi Jarak jauh dan Pelacakan Kapal
(LRIT).
Komite mencatat bahwa masih terdapat sejumlah masalah teknis yang belum diselesaikan
dan sepakat bahwa intersessional kelompok kerja harus menghadiri sesi 10 dari Sub-Komite
COMSAR pada awal 2006 sehingga COMSAR 10 mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut
Grup korespondensi COMSAR pada LRIT juga bertugas dengan mempertimbangkan
sejumlah hal-hal teknis, seperti yang dilakukan COMSAR 10 sendiri dalam penyelesaian
LRIT. Komite juga berwenang mengadakan rapat MSC intersessional yang bekerja pada
LRIT, untuk tujuan mengembangkan konsep amandemen SOLAS pada LRIT untuk
disirkulasikan dengan maksud untuk pertimbangan dan adopsi di MSC 81.
Seperti yang ditunjukkan di atas, konferensi resolusi 3 IMO yang mengajak untuk melakukan
penilaian dampak dari usulan untuk berlakunya LRIT. Di MSC, pada sesi 78 sepakat bahwa
saat ini terdapat cukup data untuk dapat melakukan penilaian dampak.
MSC intersessional yang bekerjasama pada LRIT (MSC / ISWG / LRIT) melakukan
pertemuan pada bulan Oktober 2005 dan COMSAR 10 Maret 2006 lebih lanjut dalam
mengembangkan konsep amandemen SOLAS. Sedangkan MSC di sesi 81 Mei 2006 sendiri
mengadopsi peraturan dan standar kinerja.

Download lebih detailnya masalah LRIT pada kapal

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Agustus 2013 in Alat-alat

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: