RSS

Freeboard & Trim Kapal

29 Jul

FREEBOARD & TRIM KAPAL

7.1       Freeboard

Sumber : International Convention on Load Lines, 1966 and Protocol of 1988

Parameter Freeboard yaitu : Actual freeboard ³ freeboard minimum

Freeboarf minimum yaitu freeboard hasil perhitungan menurut International load Lines Convention 1966 & protocol 1988.

7.1.1    Definisi & Inputan

L          :   Length

atau :

L

B         :   Lebar maksimum pada kapal, diukur di midship pada garis moulded frame untuk kapal dengan kulit logam.

D         :   Depth for freeboard Þ moulded depth amidship plus :

  1. Tebal pelat stringer freeboard deck where fitted.
  2. Ifif the exposed freeboard deck is sheathed, where :

T = thickness of the exposed sheating clear of the deck is opening

S = total length of superstructures.

Cb       : Block coefficient

Cb       = Cb

d1 = 85%D

S         : Panjang superstructure yaitu panjang bagian superstructure yang terbentang dalam L

S         = lP + lFC ; dimana:

lP = panjang poop

lFC = panjang forecastle

7.1.2    Perhitungan

  1. Tipe kapal :

Tipe A : kapal dengan persyaratan salah satu dari :

  1. Kapal yang didisain memuat muatan cair dalam bulk.
  2. Kapal yang mempunyai integritas tinggi pada geladak terbuka dengan akses bukaan ke kompartemen yang kecil, ditutup sekat penutup baja yang kedap atau material yang equivalent.
  3. Mempunyai permeabilitas yang rendah pada ruang muat yang terisi penuh.

Kapal tipe A     : tanker, LNG carrier

Tipe B : kapal yang tidak memenuhi persyaratan pada kapal tipe A.

Kapal tipe B :  Grain carrier, ore carrier, general cargo, passenger ships, Ro – Ro

  1. Fb  = Freeboard Standard

yaitu freeboard yang tertera pada tabel freeboard standard sesuai dengan tipe kapal.

  1. Koreksi :
    1. Correction for ships under 100 m in length

Untuk kapal dengan panjang 24 < L < 100 m dan mempunyai superstructure tertutup dengan panjang effektif mencapai 35%L.

+Fb2 = 7.5.( 100 – L )( 0.35 –  E/L)               [ mm ]

E          = total panjang efektif superstructure [ m ]

  1. Block coefficient correction

Jika Cb > 0.68 :

+Fb3 =dasa

Fb        = freeboard standart

  1. Depth Correction

Jika D > L/15 :

+Fb4 = R.(D – L/15)                         [ mm ]

R         = L / 0.48         untuk L < 120 m

R         = 250               untuk L > 120 m

Jika D < L/15 , tidak ada pengurangan kecuali jika mempunyai superstructure tertutup sebesar 0.6L amidship.

  1. Tinggi standart Bangunan Atas dan koreksi bangunan atas

L [ m ]

Standart Height [ m ]

Raised quarter –  deck

All other superstructure

30 or less

75

125 or more

0.90

1.20

1.80

1.80

1.80

2.30

Bila h < hs  ,    maka ls           =h/hs * l

Bila h > hs  ,    maka ls           = l

hs        = tinggi standart bangunan atas

l           = panjang bangunan atas

ls          = panjang superstructure efektif

Koreksi bangunan atas :

Jika E = 1.0 L maka pengurangan freeboard adalah :

Total panjang efektif Superstructure [ E ]

Pengurangan [ mm ]

24

85

122

350

860

1070

Bila panjang berada diantaranya maka harga pengurangan diperoleh dengan interpolasi linier.

Jika E < 1.0 L maka harga pengurangan diperoleh dari prosentase tabel di bawah ini :

Untuk kapal tipe “ A “ :

Total Panjang Efektif Superstructure
x . L 0 0,1 0,2 0,3 0,4 0,5 0,6 0,7 0,8 0,9 1,0
Prosentase Pengurangan
0 7 14 21 31 41 52 63 75,3 87,7 100

Bila E berada diantaranya maka harga pengurangan maka harga diperoleh dengan interpolasi linier.

Line Total Panjang Efektif Superstructure
x . L 0 0,1 0,2 0,3 0,4 0,5 0,6 0,7 0,8 0,9 1
Kapal dengan forecastle dan tanpa bridge
I 0 5 10 15 23,5 32 46 63 75,3 87,7 100
Kapal dengan forecastle dan bridge
II 0 6,3 12,7 19 27,5 36 46 63 75,3 87,7 100

Bila E berada diantaranya maka harga pengurangan maka harga diperoleh dengan interpolasi linier.

Ketentuan lain :

Bila panjang efektif forecastle [ lsFC ] > 0.4 L maka prosentase pengurangan diperoleh dari dari line II

Bila panjang efektif forecastle [ lsFC ] < 0.07 L maka prosentase pengurangan dikurangi dengan :

dikuR

f   = panjang efektif forecastle

  1. Koreksi Sheer

Bila kapal menggunakan sheer standart maka tidak ada koreksi sheer. (KAPAL Tanker tidak menggunakan sheer)

  1. Minimum Bow height

Untuk kapal L < 250 m :      Bwm    =a

Untuk kapal L > 250 m :      Bwm    =be

Cb diambil bila Cb > 0.68.

7.2       Parameter Freeboard

Actual freeboard    ³   freeboard minimum

Freeboar minimum yaitu freeboard hasil perhitungan menurut International load Lines Convention 1966 & protocol 1988.

7.3       Trim Kapal

Sumber  : Chapter 11 Parametric Design , Michael G. Parsons

Perhitungan Trim diharapkna memperoleh trim yang sekecil-kecilnya.

7.3.1    Data awal

L          : Panjang kapal ( Lpp )                                    [ m ]

B         : Lebar kapal moulded                                    [ m ]

T         : Sarat kapal                                                    [ m ]

Ñ         : Volume dispalsement                                   [ m ]

LCG    : Titik berat kapal terhadap midship                [ m ]

KG      : Titik berat kapal terhdap keel                       [ m ]

LCB    : Titik tekan bouyancy terhadap midship        [ m ]

CM : Midship coefficient

CWP : Waterplane coefficient

7.3.2    Hydrostatic Properties

KB       = Titik tekan buoyancy terhadap keel                        [ m ]

= ( KB/T ) . T

KB/T   = 0.90 – 0.30 CM – 0.1 CB

[ Scneekluth & Bertram , Chapter 11 Parametric Design ]

BMT = Jarak antara titik tekan bauyancy terhadap titik metacenter secara melintang

= IT / Ñ

IT = Moment  of inertia of waterplane relative to ship’s transverse axis

CI = Transverse inertia coefficient

= IT / LB3

= 0.1216 CWP – 0.0410                       Þ IT = CI . LB3

[ D’ Arcangelo , Chapter 11 Parametric Design ]

BML = Jarak antara titik tekan bouyancy terhadap titik metacenter secara memanjang

= IL / Ñ

IL = Moment  of inertia of waterplane relative to ship’s longitudinal axis

CIL = Longitudinal inertia coefficient

= IL / BL3

= 0.350 CWP2 – 0.405 CWP + 0.146  Þ IL = CIL . BL3

[ D’ Arcangelo , Chapter 11 Parametric Design ]

7.3.3    Trim Kapal

Trim    = TA – TF

= ( LCG – LCB ).L / GML [ m ]

GML = Jarak antara titik berat dan titik metacenter secara memanjang

= BML + KB – KG

7.4       Parameter Trim Kapal

Ukuran utama yang dipilih seharusnya memiliki trim = 0 ( even keel )

Koreksi trim ≤ 1% Lpp (Solas 2001 chapter II-1 partB regulation 22).

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Juli 2009 in Dasar Teory

 

5 responses to “Freeboard & Trim Kapal

  1. muhammad zaenuri

    29 Maret 2010 at 3:16 pm

    saya akan copy artikel anda mohon ijin,klo boleh minta program menghitung stabilitas,terimakasih

     
  2. laode muhammad Ichsan

    27 Mei 2011 at 11:16 am

    wah bgs sekali,,, itu referensi perhitungan lambung timbul dr mn??? dr KM 3 thn 2005 k????

    kalo bs posting jg perhitungan lengkung sekat dan kebocoran kapal (floodable lenght)

    perhitungan stabilitasnya jg,,,,

     
  3. Suseprianus Patumba

    28 November 2011 at 1:45 am

    mau nanya bagaimana batas maksimum trim untuk kapal yang sedang memuat…??? thankz

     
  4. kumbara

    5 Desember 2011 at 6:09 am

    menarik, ijin save page as

     
  5. Cyber-Ships

    8 Januari 2012 at 1:31 am

    @zae ; untuk program stabilitas kapal dapat menggunakan excel asal tahu lebih dahulu aturan IMO tentang stabilitas yang diijinkan..selain itu dapat juga menggunakan software maxsurf serta bawaannya seperti hydromax pro atau bisa juga menggunakan ANSYS.
    @Ichsan ; perhitungan lambung timbul untuk kapal niaga diambil dari International Convention on Load Line (ICLL)
    @Patumba batas trim yang sedang memuat barang ada lebih baiknya mengikuti aturan IMO untuk stabilitas dinamis.dalam IMO regulation A. 749 (18) Anda dapat mencarinya di aturan kelas atau di websitenya IMO langsung. (International Maritime Organization)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: