RSS

PERHITUNGAN MOORING SYSTEM PADA KAPAL

14 Nov

Mooring system merupakan suatu sistem pada kapal yang digunakan untuk berlabuh. Salah satu jenis yang termasuk mooring system adalah Anchor (jangkar), Chain (rantai jangkar), Rope (tali), Chain Locker (kotak jangkar), dan windlass (mesin jangkar). Untuk mengetahui kebutuhan dimensi perlengkapan berlabuh digunakan perhitungan equipment number (Z) dengan rumus :

Z = 2/3 + 2 . h . B + A/10

Equipment number merupakan fungsi displacement, freeboard, tinggi bangunan atas, ukuran utama kapal (L, B, dan T) dan luasan penampang samping lambung yang ada di atas garis air. Berikut adalah data ukuran utama kapal yang diperlukan untuk perhitungan Equipment Number

Contoh perhitungan :

PRINCIPAL DIMENSION

Lpp

142,41 m

Lwl

148,11 m

B

21,49 m

T

8,8 m

H

11,39 m

Cb

0,79

Dari Ukuran utama diatas dapat diketahui besarnya displacement kapal sebesar :

Δ = Lpp * B * T * Cb * γ air laut

= 142,41*21,49*8,8*0,79*1,025

= 21924,83 ton

Dari BKI ditentukan : Z = 2/3 + 2 . h . B + A/10

Dimana

Δ : Dispacemen kapal = 21924.83 ton

B : Lebar kapal = 21.49 m

H = fb + h’

fb = H – T

= 11.39 – 8.8

= 2.59 m

h’ = penjumlahan tinggi bangunan atas dan rumah geladak

= (2.4 x 4) = 9.6 m

h = 2.5 + 9.6 = 12.1 m

A : Luas penampang samping lambung kapal, Bangunan atas dan rumah geladak

yang lebarnya lebih dari B/4 diatas gari muat musim panas.

- Lambung kapal = ( H-T ) x Lwl

= 2.59 x 148.11 = 383.60 m2

- Bangunan atas (F’Cle) = 14.24 x 3 = 42.72 m2

- Bangunan atas ( Poop) = 24.7 x 2,5 = 61,75 m2

- Layer II = 17.49 x 2,4 = 41.97 m2

- Layer III = 11.20 x 2,4 = 26.88 m2

- Layer IV = 11.20 x 2,4 = 26.88 m2

- Wheelhouse = 11.20 x 2.4 = 26.88 m2

maka A = 610.68 m2

Sehingga:

Z = 21924.832/3 + 2 . 12.1 . 21.49 + 610.68/10

= 1364.479

Dari tabel 18.2 BKI volume 2 didapat:

Untuk Z : 1300 ~ 1390, didapat :

  • Jangkar :- jenis jangkar = jangkar tanpa tongkat (haluan)

- Jumlah jangkar = 3

- Berat tiap jangkar = 4050 kg

  • Rantai : – Rantai sekang untuk jangkar haluan

panjang = 522.5 m; D1 = 64 mm

D2 = 56 mm; D3 = 50 mm

  1. Tali : – Tali tarik – Tali tambat (4 buah)

  2. Panjang = 200 m Panjang = 180 m

Beban putus = 785 kN Beban putus = 305 kN

1. Jangkar

Berdasarkan berat jangkar maka dipilih jangkar berengsel dan tanpa tongkat dari tipe Hall Anchor. Dari Pratical Ship Building Design Vol B hal 148 didapatkan nilai basic dimension dari Hall Anchor sebagai berikut :

Berat : 4000 kg

Tipe Jangkar : Hall Anchor

a = 294 mm b = 229 mm c = 441 mm d = 121 mm
e = 252 mm f = 2.827mm g = 1.412 mm h = 324 mm
i = 706 mm k = 1.003 mm l = 389 mm m =206 mm

2. Rantai Jangkar

Dari Pratical Ship Building hal 153 berdasarkan rantai jangkar didapat :

Untuk tebal rantai 62 mm dan berat permeter 87 kg didapat ukuran dan urutan

Ordinary Link Large Link End Link
d = 62 mm

 

6d = 372 mm

3,6d = 223 mm

1,1 d = 68 mm

 

6,5 d = 403 mm

4d = 248 mm

1,2d = 74 mm

 

6,75d = 419 mm

4d = 248 mm

Connecting shackle Anchor Shackle
1,3d = 81 mm

 

7,1d = 440 mm

4d = 248 mm

0,8d = 50 mm

1,6d = 99 mm

 

0,5d = 31 mm

0,6d = 37 mm

0,2d = 12 mm

untitled

3. Hawse Pipe

Untuk Diameter Rantai Jangkar yang berkisar antara angka 25mm – 100 mm setelah dilihat dari grafik Fig. 343 didapat data-data sbb:

Tebal bagian bawah (Bahan besi tuang ) = 40 mm

Tebal bagian atas (bahan besi tuang) = 29 mm

Diameter Dalam = 400 mm

Tebal Hawse Pipe (Bahan Open hearth furnace) = 16 mm

Tabel chafing plate (bahan open hearth) = 10 mm

4. Chain Locker

Perhitungan Volume bak penyimpanan Rantai jangkar dapat ditentukan sbb:

V = L/183 x d2

Dimana:

L : panjang rantai jangkar ( 522.5 m )

D : diameter rantai jangkar ( 64 mm = 64/25,4 = 2.52 inch )

V = 522.5 / 183 x (2.52)2

= 18.13 m3

penambahan Volume untuk cadangan 10 %, maka Volume menjadi :

V = 18.13 + (18.13 x 10 % ) = 19.94 m3

Volume bak rantai = 19.94 m3

Volume 1 bak rantai = 9.97 m3

Direncanakan ukuran 1 chain locker adalah:

  • Panjang = 3 x jarak gading = 3 x 0,6 = 1.8 m
  • Lebar = 1,5 m
  • Luas = 1,5 x 1.8 = 2.7 m2
  • Tinggi = Volume / Luas = 9.97 / 2.7 = 3,7 m

Tinggi bak ditambah 5% untuk konstruksi kayu pada dasar bak:

Jadi: V (1 bak rantai) = 1.8 x 1,5 x (3,7 + 5%x3.7) = 10.4895 m3

5. Penentuan daya mesin jangkar (windlass)

Perhitungan Daya Winlass (Marine Auxiliary Machinery) ditentukan dengan data data sbb:

  • Daya tarik untuk mengangkat 2 Jangkar:

Tcl = 2 x fh x (Ga + Pa x La ) x ( 1 – Jw/Ja )

Dimana:

fh = Faktor gesekan pada hawse pipe = 1,28 ~ 1,35

Ga = Berat Jangkar = 4050 kg

Pa = Berat Rantai per meter = 12.7 kg/m

Ja = Berat jenis rantai = 7,75 t/m3

Jw = Berat jenis air laut = 1,025 t/m3

La = Panjang rantai jangkar yang menggantung = 3 x 50 m = 150 m

Tcl = 2 x 1,28 x (4050 + 12.7 x 150) x (1 – 1,025/7,75)

= 13228.55 kg

  • Torsi pada cable lifter

asa

dimana : Tcl : 13228.55 kg

Dcl : Diameter efektif dari kabel lifter

: 0,0136 x D = 0,8704 mm

cl : Efisiensi cable lifter = 0,9 ~ 0,92

maka:

fdfsd

  • Torsi pada windlass

vsdfvdfvdfvdsfvsdfvsd

dimana :

Mcl = 6396.738 kg m

a : Efisiensi dari peralatan = 0,7 ~ 0,85

Dimana:

Nm : Putaran Motor = 523 ~ 1160 rpm

Va : Kecepatan Rantai yang ditarik = 0,2 m/det

D : Diameter Rantai

Maka :

Sehingga :

Jadi daya efektif motor Windlass :

Sumber

1.Biro Klasifikasi Indonesia Volume II “Rule For Hull” section 18-5

2.Practical Ship Building seri B hal 48

About these ads
 
2 Komentar

Posted by pada 14 November 2009 in Alat-alat

 

2 responses to “PERHITUNGAN MOORING SYSTEM PADA KAPAL

  1. weichii_ELF_kecil

    1 Maret 2010 at 8:12 am

    ada tentang arti displacement g?
    ada tugas dare Pak Natsir niph,, hehe

     
  2. weichii_ELF_kecil

    1 Maret 2010 at 8:16 am

    Wew,, ada yang tentang displacementkah? ada tugas niph,,

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 875 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: